Seputar Epoxy Lantai

Seputar Epoxy Lantai

Pada proses pembangunan suatu gedung atau rumah, lantai menjadi salah satu hal yang cukup penting.

Untuk itulah lantai perlu dilindungi agar orang-orang yang berada di dalamnya dapat terlindungi dengan maksimal.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan cat pelapis khusus lantai yang disebut epoxy lantai.

Apa itu epoxy dan apa manfaatnya bagi lantai? Berikut ini uraian dan penjelasannya secara mendetail.

Apa itu Epoxy?

Epoxy secara umum merupakan bahan kimia atau bisa juga dikatakan sebagai jenis resin dari proses polimerisasi dan epoksida.

Epoxy biasa digunakan sebagai bahan perekat, coating maupun cat untuk berbagai material. Pertama kali diciptakan di Amerika Serikat dan Swiss pada tahun 1930an.

Kemudian diproduksi secara lebih lanjut pada tahun 1946-1947 sebagai bahan perekat maupun lem.

Epoxy kerap kali dalam penerapannya dicampur dengan bahan hardener maupun bahan pengeras.

Hal ini bertujuan untuk merubah sifat cair pada epoxy menjadi padat dan membuatnya semakin kuat dan tahan terhadap suhu yang tinggi. Selain itu juga agar epoxy memiliki ketahanan terhadap reaksi kimia yang cukup tinggi.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa epoxy lantai, kami PT Eltama Prima Indo siap bekerjasama secara profesional. Berikut adalah portfolio kami: Lihat Portfolio.


Jenis-Jenis Epoxy Lantai

1. Berdasarkan Bahan Baku

Jenis epoxy lantai berdasarkan bahan baku terdiri dari 3 jenis. Diantaranya epoxy yang mengandung pelarut solvent maupun thinner. Jenis epoxy ini sangat mudah ditemui pada toko cat.

Selanjutnya adalah epoxy yang mengandung pelarut air maupun water based epoxy.

Untuk jenis epoxy ini belum terlalu banyak ditemukan di toko cat.

Namun kedua jenis ini paling sering digunakan oleh kontraktor karena tingkat kekentalannya yang rendah sehingga mudah diaplikasikan pada lantai.

Selanjutnya adalah epoxy yang mengandung 100% padatan atau solid content 100%.

Jenis ini akan lebih sulit ketika diaplikasikan pada lantai karena karakteristik maupun tekstur kekentalannya yang lebih tinggi dari 2 jenis sebelumnya.

2. Berdasarkan Tingkat Ketebalan

Jenis epoxy lantai berdasarkan tingkat ketebalannya juga dibagi menjadi 3.

Diantaranya epoxy coating yaitu epoxy lantai yang memiliki ketebalan 300-500 micron.

Kemudian epoxy floor yaitu pelapisan cat epoxy lantai yang memiliki ketebalan 1000-3000 micron. Jenis epoxy selanjutnya adalah epoxy mortar. Pada epoxy jenis ini memiliki ketebalan hingga 3-5 mm.


Keunggulan Epoxy Lantai

1. Mampu Melindungi Struktur Utama Lantai

Salah satu keunggulan dari epoxy lantai adalah mampu melindungi struktur utama lantai.

Sebagai contoh lantai yang dicat epoxy adalah lantai 2 atau 3 maka struktur utama lantai akan terlindungi.

Apabila lantai tidak terproteksi bisa dibayangkan ketika dipel secara terus menerus atau terkena zat kimia tentu akan merusak struktur utama. Lantai epoxy juga memiliki daya rekat yang sangat bagus.

2. Lantai Lebih Awet

Keunggulan penggunaan epoxy lantai lainnya adalah membuat lantai menjadi lebih awet dan tahan lama.

Lantai epoxy tidak akan mudah pecah karena suhu udara yang tinggi ataupun akibat benda keras yang jatuh ke lantai. Dengan epoxy lantai tentu akan membuat lantai menjadi lebih kuat dan tahan lama.

3. Lantai Lebih Bersih

Jika dilihat sekilas mungkin tidak akan begitu terlihat perbedaan antara lantai keramik dengan epoxy. Namun ruangan laboratorium disarankan menggunakan epoxy karena akan lebih mudah dibersihkan baik dari kotoran maupun zat kimia.

4. Ruangan Lebih Higienis

Rumah sakit menjadi salah satu bangunan dengan penggunaan lantai epoxy yang paling banyak. Hal ini dikarenakan jamur tidak akan bisa berkembang pada ruangan dengan lantai epoxy karena memiliki sifat anti bakteri.

Untuk itulah tentu saja ruangan dengan lantai epoxy akan menjadi lebih higienis dan sehat jika dibandingkan dengan lantai yang tidak menggunakan epoxy.

5. Menghemat Biaya Perawatan

Penggunaan cat pelapis epoxy lantai akan membuat lantai menjadi lebih awet dan tahan lama karena sudah tertutup rapat dan terlindungi.

Dengan begitu maka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan maupun perbaikan lantai yang mengalami kerusakan. Dana yang seharusnya digunakan untuk memperbaiki lantai bisa dialokasikan untuk keperluan lain.

6. Keselamatan Lebih Terjamin

Keunggulan lainnya dari penggunaan epoxy pada lantai adalah keselamatan yang lebih terjamin.

Dalam hal ini dikarenakan lantai tahan terhadap selip, suhu, dampak yang ekstrim maupun kebakaran. Sehingga tentu akan menjaga keselamatan orang-orang yang berada di dalam ruangan.


Nah itulah penjelasan mengenai apa itu epoxy lantai secara detail. Untuk menggunakan cat pelapis ini, pilihlah yang mudah diaplikasikan pada lantai dan memiliki kualitas yang baik. Hal ini agar lantai juga dapat terproteksi dengan baik dan epoxy pun dapat berfungsi secara maksimal.

Leave a Reply