Cara Melapisi Lantai Beton dengan Epoxy

Cara Melapisi Lantai Beton dengan Epoxy

Cara melapisi lantai beton dengan epoxy harus dilakukan melaui tahapan yang benar untuk menghasilkan kualitas lantai yang maksimal. Proses pelapisan lantai tersebut juga tidak boleh tergesa-gesa karena akan mempengaruhi hasil lantai nantinya. Maka persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang untuk menunjang proses pekerjaan berjalan lancar.

Walaupun pelapisan lantai beton dengan epoxy ini dilakukan oleh ahlinya, namun informasi ini juga penting untuk calon pembeli yang akan memakai epoxy. Hal apa saja yang harus diperhatikan pembeli sebelum melapisi lantai beton dengan epoxy? Berikut penjelasannya.

Perencanaan Melapisi Lantai Beton dengan Epoxy

1. Keadaan Area Harus Memenuhi Standar

Sebelum lantai dilapisi dengan epoxy sebaiknya cek terlebih dahulu keadaan lantai apakah telah memenuhi standard atau belum. Lantai tersebut harus memiliki kekuatan yang tinggi serta telah dibuat dengan perencanaan yang baik seperti contohnya lantai beton.

2. Umur Bangunan Lantai Beton

Apabila lantai beton tergolong bangunan yang baru maka tidak diperbolehkan memasang epoxy terlebih dahulu.

Tunggulah minimal 1 bulan barulah bangunan tersebut siap dilapisi dengan cat epoxy. Alasannya karena bangunan beton baru belum cukup kuat menahan beban berat secara lansung.

3. Lantai Harus Kering

Keadaan lantai beton sendiri harus kering terbebas dari noda cairan seperti minyak, susu, kopi dan lain sebagainya. Perhatikan pula tingkat kelembapan lantai yaitu berkisar 80% RH.

4. Siapkan Alat yang Berkualitas

Siapkan alat-alat yang akan digunakan dalam melapisi epoxy seperti roller dan vakum cleaner yang berkualitas agar hasil memuaskan.

5. Buka Jendela dan Ventilasi Ruangan

Pastikan pula saat pengaplikasian cat epoxy ke beton semua jendela, pintu dan ventilasi harus dibuka demi keselamatan para pekerja.

6. Tidak Merokok

Merokok saat pengerjaan cat epoxy ini sangat tidak diperbolehkan karena akan membahayakan keadaan.


Tahapan Melapisi Beton dengan Epoxi

1. Persiapan Area

Cara melapisi lantai beton dengan epoxy yang dasar adalah persiapkan area lantai.

Kosongkan area lantai beton dari berbagai macam barang agar pekerjaan lebih bebas leluasa dan mudah dilakukan tanpa terhalang benda-benda.

2. Bersihkan Area Lantai Beton

Berihkan dahulu area lantai beton agar terhindar dari berbagai macam kotoran.

Banyaknya kotoran pada permukaan lantai akan membuat hasil lantai tidak akan mulus nantinya. Pakailah vakum cleaner berkualitas agar lantai benar-benar bersih.

3. Grinding Area Lantai Beton

Grinding area adalah proses wajib cara melapisi lantai beton dengan epoxy.

Proses grinding adalah pembukaan pori-pori lantai agar cat epoxy nantinya dapat masuk ke dalam pori-pori lantai dengan baik. Tahap ini juga akan membersihkan lantai agar lebih bersih dari sebelumnya.

4. Pengisian Primer Epoxy

Primer epoxy adalah lapisan pertama dalam tahap pengerjaan cat epoxy ke lantai beton.

Pengisian primer ini harus dilakukan secara menyeluruh ke semua permukaan lantai. Kemudian tunggu lantai hingga kering dan dilarang untuk diinjak.

5. Plamir Epoxy Pada Area

Lapisan kedua setelah primer epoxy adalah plamir epoxy menggunakan raskam atau cape scrap pada area lantai beton tersebut, tunggu pula hingga kering baru dilanjutkan pada langkah berikutnya.

6. Pengecekan Hasil Plamir

Pengecekan hasil plamir harus dilakukan dengan teliti untuk memastikan semua area lantai beton terplamir dengan rata.

Apabila ada beberapa bagian yang dirasa kurang plamir maka bisa ditambahkan. Tahap ini akan membuat lantai terhindar dari warna yang tidak seimbang nantinya.

7. Pengaplikasian Epoxy Warna

Pengaplikasian epoxy warna adalah hal utama pada cara melapisi lantai beton dengan epoxy.

Langkah ini merupakan tahapan yang harus dilakukan dengan maksimal untuk memberikan hasil yang maksimal pula. Tahap ini disebut pula epoxy coting yaitu base coat atau epoxy dasar.

8. Pengamplasan Area

Setelah lantai diberi epoxy lantai dan telah benar-benar kering, tahap selanjutnya yaitu lantai beton harus diamplas untuk menuju finishing yang sempurna.

9. Finishing

Finishing adalah tahapan terahir pada proses aplikasi epoxy lantai beton. Tahap ini yaitu pemberian epoxy lantai yang membuat lantai mengkilap


Begitulah tahapan cara melapisi lantai beton dengan epoxy yang harus dilalui.

Bukan suatu pekerjaan yang mudah bukan?

Oleh karena itu apabila melapisi lantai beton dengan epoxy harus memiliki perencanaan dan persiapan yang matang untuk hasil yang memuaskan dan maksimal.

Leave a Reply