Cara Mengatasi Kerusakan Lantai Epoxy

Cara Mengatasi Kerusakan Lantai Epoxy

Apa itu Epoxy?

Epoxy adalah bahan yang banyak digunakan untuk cat lantai atau sebagai bahan pelapis. Penggunaan epoxy sendiri cenderung banyak digunakan pada lantai seperti lantai gudang, lapangan olahraga, dan sebagainya.

Oleh karena itu, lantai tersebut akan banyak terinjak atau dilewati berkali-kali dengan berat tertentu sehingga lama-kelamaan biasa terjadi kerusakan. Dalam hal ini diperlukan penanganan terhadap kerusakan dan cara mengatasi pada epoxy.

Epoxy merupakan sebuah bahan kimia cair yang banyak dikenal dalam dunia bangunan. Cairan tersebut adalah hasil resin dari proses polimerisasi epoksida.

Epoxy pada umumnya digunakan ke dalam berbagai campuran bahan kimia yang berfungsi sebagai bahan pengeras. Dalam penggunaannya, epoxy juga banyak digunakan dalam campuran lem dan cat.

Jenis Kerusakan pada Epoxy dan Cara Mengatasinya

1. Kerusakan Akibat Kesalahan Penggunaan

Kebanyakan lantai yang menggunakan epoxy adalah lantai dari beton. Sebelum melapisi lantai dengan epoxy biasanya diperlukan beberapa langkah.

Langkah tersebut termasuk langkah dalam penggunaan epoxy pada lantai beton. Jika terjadi kesalahan dalam penggunaannya maka lapisan epoxy juga akan mengalami kerusakan lebih cepat.

2. Kerusakan Akibat Banjir

Dalam permukaan lantai yang sangat luas biasanya terdapat resapan air terutama pada lantai yang sering terkena air hujan.

Lantai berlapis epoxy akan mudah rusak seiring kerusakan lapisan beton di bawahnya yang sering terkena genangan air. Dalam hal ini juga akan berpengaruh pada kekuatan lantai yang lama kelamaan  akan menurun.

3. Kerusakan oleh Kesalahan Pencampuran

Penggunaan epoxy sebagai cat lantai tentunya dicampurkan dengan berbagi bahan kimia lainnya terutama bahan pengeras.

Pencampuran tersebut harus sesuai karena jika tidak akan membuat lantai mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut biasanya seperti lantai yang bergelembung atau warna yang tidak merata.

4. Kerusakan oleh Faktor Usia Lantai

Penggunaan epoxy tentunya dengan tujuan agar lantai lebih tahan lama. Namun, setiap bahan tentunya memiliki usianya masing-masing.

Kerusakan yang paling umum dari penggunaan epoxy yakni karena faktor usia. Lantai dengan lapisan epoxy tentunya juga akan mengalami kerusakan seperti pecah-pecah dan mengelupas.


Cara Mengatasi Kerusakan pada Lantai Epoxy

Penggunaan epoxy pada lantai atau media lainnya memang bertujuan untuk membuatnya lebih awet. Namun, seiring berjalannya waktu serta penggunaannya yang terus menerus tentu lapisan epoxy juga akan mengalami kerusakan.

Dalam hal ini mengetahui tentang kerusakan dan cara mengatasi pada epoxy menjadi sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan. Berikut cara mengatasi kerusakan pada epoxy :

1. Melakukan Pengecatan Lantai dengan Langkah yang Benar

Kerusakan dan cara mengatasi yang pada epoxy yang pertama yakni melakukan pengecatan lantai dengan langkah yang benar.

Alangkah baiknya dilakukan dengan urutan berikut:

Melakukan pengecekan pada kondisi lantai.

Dalam hal ini lantai yang akan diperbaiki harus diketahui terlebih dahulu kondisinya. Jika belum baik maka perlu pembenahan pada lantai atau lapisan bawahnya.

Mempersiapkan cat epoxy dengan kualitas baik.

Gunakan cat epoxy dengan kualitas yang baik agar diperoleh hasil yang memuaskan. Selain itu, kualitas cat juga berpengaruh pada cara penggunaannya yang terbilang lebih mudah.

Mengaplikasikan cat epoxy dengan cara yang tepat.

Pengaplikasian cat epoxy harus menggunakan cara yang tepat agar lebih maksimal dalam penggunaannya. Sebaiknya ikuti petunjuk penggunaannya.

2. Menghindari Material Yang Dapat Merusak Lapisan Epoxy

Kerusakan epoxy biasanya disebabkan karena gesekan dengan benda lain. Benda tersebut biasanya seperti batu kerikil atau pasir.

Sebaiknya hindari benda tersebut masuk ke dalam gedung atau tempat yang sudah dicat dengan epoxy. Hal ini dikarenakan dapat terjadi kontaminasi dan membuat lapisan epoxy lebih cepat rusak.

3. Memperbaiki Struktur Lantai

Menggunakan epoxy pada lantai tentunya harus memperkirakan struktur lantai. Terutama beban yang nantinya akan dilalui. Lantai yang sering dilalui dengan beban berat akan mengalami kerusakan yang juga akan berdampak pada lapisan epoxy di atasnya.

Oleh karena itu, diperlukan perbaikan pada struktur lantai yang juga akan menunjang ketahanan dari lapisan epoxy.

4. Menghindari Genangan Air

Ruangan atau lantai yang menggunakan epoxy tak jarang akan tergenang air karena resapan air yang kondisinya kurang baik.

Oleh karena itu, sebisa mungkin menghindarkan lapisan epoxy dari genangan air. Salah satunya dengan selalu membersihkan lantai setelah tergenang air dan mengkondisikan lantai berlapiskan epoxy selalu kering.

5. Selalu Membersihkan Permukaan Lapisan dan Memperhatikan Masa Penggunaannya

Mengatasi kerusakan pada epoxy tentunya dengan selalu menjaga kebersihannya untuk memperpanjang usia lapisan epoxy.

Selain itu, perlu juga diperkirakan masa penggunaannya untuk mempersipkan perawatan terhadap lapisan epoxy jika nantinya mengalami kerusakan.


Itulah tentang kerusakan dan cara mengatasi pada epoxy. Penggunaan lapisan epoxy pada lantai atau media lainnya memang dinilai lebih awet serta lebih hemat biaya.

Namun, dalam penggunaannya diperlukan pengaplikasian epoxy dengan tepat agar hasilnya maksimal.

Selain itu, sangat penting diketahui cara mengatasi kerusakan epoxy agar untuk menentukan langkah perbaikan yang tepat.

Leave a Reply