Cara Membuat Curving pada Epoxy Mortar

Cara Membuat Curving pada Epoxy Mortar

Curving adalah penutupan pada sudut lantai dan dinding yang berbentuk siku-siku sehingga menjadi melengkung.

Penerapan curving ini seringkali digunakan oleh gedung instansi kesehatan maupun ruang-ruang yang harus selalu dalam keadaan steril.

Lalu bagaimana cara membuat curving pada epoxy mortar dan apa saja kegunaannya? Berikut ini penjelasan singkatnya.

Cara Membuat Curving Pada Epoxy Mortar

1. Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Sebelum memulai proses cara membuat curving pada epoxy mortar yang paling utama adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahan tersebut antara lain mortar epoxy, peralon, lakban kertas, dan sendok semen.

Untuk peralon gunakan yang berukuran 4 inchi kemudian potong menjadi 25 cm. Apabila tidak ada peralon juga bisa diganti dengan botol kaca ukuran kecil.

2. Menyiapkan Area

Setelah semua bahan tersedia, selanjutnya adalah menyiapkan area yang akan dibuat curving dengan epoxy mortar.

Area sudut antara dinding dan lantai yang akan dicurving sebaiknya dibersihkan terlehih dahulu baik dari kotoran maupun debu. Hal ini agar hasil curving yang dibuat lebih maksimal.

3. Susun Peralon Pada Area Yang Sudah Dibersihkan

Cara membuat curving pada epoxy mortar selanjutnya adalah menyusun botol-botol atau peralon pada area antara dinding dan lantai yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Penyusunan peralon yang rata tentu akan menghasilkan curving yang bisa melengkung dengan sempurna. Sehingga tingkat kebersihan dan higienis suatu ruangan semakin terjaga.

4. Gunakan Lakban Kertas

Sebagai Pembatas agar hasil curving menjadi lebih rapi sebelum memulai untuk mengaplikasikan mortar epoxy sebaiknya gunakan lakban kertas untuk pembatas.

Pasang lakban kertas pada dinding dan lantai sesuai dengan panjang curving antara dinding ke lantai yang diinginkan. Pastikan bahwa pemasangan lakbannya benar-benar lurus dan rapi.

5. Mulai Aplikasikan Mortar Epoxy

Mulai mengaplikasikan mortar epoxy adalah langkah cara membuat curving pada epoxy mortar selanjutnya.

Aplikator cukup mengikuti bentuk peralon atau botol yang sebelumnya sudah disusun di area yang akan dibuat curving.

Ketika megaplikasikannya usahakan jangan sampai melebihi maupun melewati garis lakban kertas yang difungsikan sebagai pembatas.

6. Ratakan Permukaan

Setelah proses pengaplikasian selesai, maka ratakan permukaan agar menjadi lebih halus. Aplikator bisa mengunakan amplas atau alat lain yang memiliki fungsi yang sama.

Pastikan kembali bahwa semua permukaan sudah rata dan tertutup dengan sempurna. Setelah itu diamkan selama beberapa jam hingga mortar epoxy benar-benar kering.

7. Lepaskan Lakban

Begitu curving mortar epoxy sudah benar-benar kering maka lakban yang sebelumnya digunakan sebagai pembatas bisa dilepaskan.

Copot lakban yang berada di dinding dan lantai dengan hati-hati dan sekali tarikan. Usahakan jangan sampai meninggalkan bekas pada lantai maupun dinding yang di curving dengan mortar epoxy.


Kegunaan Curving pada Lantai Epoxy

Penerapan curving pada lantai epoxy memiliki beberapa kegunaan khususnya bagi kesehatan dan kebersihan.

Untuk itulah penerapan curving ini sangat disarankan dibandingkan dengan sudut lantai dan dinding yang berbentuk siku-siku. Berikut detail lengkapnya.

1. Mencegah Kuman dan Bakteri

Salah satu manfaat atau kegunaan dari curving pada lantai epoxy adalah mampu mencegah kuman dan bakteri.

Lantai yang tidak di curving tentu akan lebih sulit ketika dibersihkan sehingga akan membuat kuman dan bakteri menumpuk disana.

Untuk itulah penerapan curving yang notabene berbentuk melengkung akan membuat proses pembersihannya menjadi lebih mudah.

2. Ruangan Menjadi Lebih Steril

Karena tidak ada tempat bagi bakteri atau kuman berkembang biak maka ruangan dengan penerapan curving ini jauh lebih steril dibandingkan yang tidak menggunakannya.

Pada gedung rumah sakit atau ruang laboratorium banyak menerapkan curving demi menjaga ruangan tetap bersih dan steril.

Selain dari curvingnya sendiri, mortar epoxy juga mengandung bahan yang mampu melindungi setiap sudut lantai dari berbagai bakteri dan kuman.

3. Ruangan Menjadi Lebih Bersih

Pada lantai epoxy dengan penerapan curving proses pembersihan baik itu ketika disapu maupun di pel akan lebih mudah.

Hal ini dikarenakan sudutnya yang berbentuk lengkung bukannya siku-siku yang seringkali masih tetap menyisakan debu meskipun sudah dibersihkan.

Untuk itulah penerapan ini sangat disarankan bagi tidak hanya bagi instansi kesehatan namun juga keluarga agar ruangan dalam rumah menjadi lebih sehat.


Nah itulah uraian mengenai langkah cara membuat curving pada epoxy mortar dan kegunaannya bagi lantai epoxy.

Meskipun proses pembuatannya cukup mudah, namun tetap harus dilakukan oleh seseorang yang sudah profesional dan ahli di bidangnya.

Karena proses curving ini adalah proses awal maka pengerjaannya pun dilakukan sebelum proses pengecatan lantai menggunakan epoxy.

Hal ini dimaksudkan agar pengerjaan epoxy lantai bisa lebih rapi karena curving sudah dikerjakan terlebih dahulu.

Leave a Reply