Beberapa Jenis Epoxy

Epoxy adalah istilah untuk menggambarkan suatu jenis material dan cara penggunaan material tersebut. Epoxy biasanya terdiri dari kombinasi resin dan hardener. ketika digabung, resin dan hardener membentuk reaksi kimia menjadi material sejenis plastik.

Epoxy biasanya terdiri dari kombinasi resin dan hardener. ketika digabung, resin dan hardener membentuk reaksi kimia menjadi material sejenis plastik.

Bentuk material akhir sangat kuat, awet, dan sangat melekat dengan lapisan bawahnya.

Maka dari itu, lantai epoxy sering digunakan untuk tempat yang memerlukan ketahanan lantai tinggi seperti lingkungan industri, rumah sakit atau lapangan olahraga.

Jenis – Jenis Epoxy

Beberapa tipe epoxy lantai, antara lain :

1. Self-leveling Epoxy Floors

Digunakan diatas lantai baru maupun lama, retak maupun rusak untuk memberikan kesan halus, mulus, tahan lama dan perawatan yang mudah pada lantai.

Epoxy jenis ini terdapat beberapa variasi warnanya. warna digunakan sebagai dekoratif, menunjukan pola, atau menandai hal penting dalam lingkungan industri. Hal ini digunakan ketika ingin menimbukan keindahan, ketika ada lecet, heat or slip resistance

2. Epoxy Mortar Floors

Jenis ini merupakan epoxy lantai terkuat saat ini. Dibuat dengan 100% solids epoxy dan pasir lalu di sekop pada satu tempat.

3. Quartz-filled Epoxy Floors

Jenis ini merupakan kombinasi dari epoxy polymer resin dengan warna.

4. Anti-Static Epoxy Floors (ESD Resistant Floors)

ESD dapat sangat berbahaya dalam beberapa kondisi. ESD dapat membantu mengurangi bahaya statis.

Jenis epoxy ini mengandung material yang mengakumulasikan listrik statis. Sangat disarankan pada lingkungan yang berhubungan dengan bahan flammable

5. Epoxy Flake Floors

Digunakan untuk mengurangi tergelincir dan jatuh. Digunakan pada dapur, showroom automotive, klinik, dll.

1 thought on “Beberapa Jenis Epoxy”

Leave a Comment